Alhamdulillah, Kami Masih Bisa Ber-Tanyasaja

12 Aug 2011

ts

Bergabung di sebuah komunitas dunia maya adalah hal biasa. Tapi bagaimana jika kemudian kita bergabung di sebuah komunitas dunia maya yang menjadikan banyak anggotanya merasa sebagai saudara dan sahabat yang tidak dapat dipisahkan? Bahkan ada anggotanya yang mendapatkan cinta-nya di komunitas tersebut? Ini tampak tidak biasa.

Begitulah kami dulu. Beberapa tahun yang lalu detik.com memfasilitasi terbentuknya sebuah komunitas tanya jawab yang diakui sebagai sebuah komunitas tanya-jawab terbesar di Indonesia, anggotanya pun di klaim mencapai ribuan orang, walaupun yang aktif mungkin hanya ratusan orang. Komunitas ini adalah Tanyasaja (TS) yang dulu beralamat di tanyasaja.detik.com. Disini kita bisa mengajukan pertanyaan tentang apapun sesuai dengan kategori yang sudah ada, dan menjawab semua pertanyaan yang bisa kita jawab.

Para TSer (sebutan untuk anggota komunitas ini) datang dan pergi silih berganti. Tapi ada banyak diantara mereka yang menjadi penghuni setia Tanyasaja.com. Sebut saja Tser guguk_guk, yluwa, mahadewa, kamarastra, nanatan dan lain-lain.

Kami bertanya dan menjawab pertanyaan anggota lain, mengumpulkan poin dari TS newbie, active, star, guru hingga menjadi TS master yang menjadi jenjang kepangkatan di Tanyasaja. Setiap bulan pihak ddetik.com menyediakan hadiah, kadang hadiah pemberian dari detik, kadang ada donatur yang menyumbangkan hadiah. Hadiah tidak masalah, yang penting kami masih bisa terus bertanya-jawab di tanyasaja.com

Kadang ada konflik antar anggota, kadang ada saja yang iseng untuk membuat kerusuhan dengan mengirim pertanyaan-pertanyaan provokatif, membuat Id plesetan dan lain-lain. Tapi semua adalah dinamika Tanyasaja yang menjadi pelengkap kebersamaan dan belajar mengerti karakter manusia lain.

Kabar mengejutkan dan tidak disangka-sangka mengguncang kami semua. Saat itu November tahun 2010 lalu, secara tiba-tiba (dari sudut pandang kami) detik.com mengumumkan akan menutup tanya saja. Entah atas dasar apa, yang jelas banyak dari kami kemudian mulai mengoreksi diri, melihat jejak-jejak kinerja kami di Tanyasaja.com. Sebuah usaha yang terlambat untuk dilakukan.

Saat itu Saya yakin ada banyak air mata, semua terpaku, saya, teman-teman dan TSer lain yang baru masuk saling berusaha memberi kabar dan menguatkan untuk menerima kenyataan bahwa tempat kami berkumpul ini akan dibubarkan.

Apalah daya, kami bukan pemilik, hanya pengguna yang terkadang tidak tahu aturan dan banyak membuat kesalahan. Well, semua harus kami terima.

Tapi kami tidak pernah terima dan menyerah dengan perpisahan. Semua anggota dilanda kebingungan untuk mencari tempat baru, kami telah mencoba mengunjungi situs-situs tanya jawab lainnya, tapi (tentu saja) tidak ada yang seperti tanyasaja.com, dan itu tidak membuat kami menyerah.

Detik pun telah menyediakan sub forum tanya saja di detik forum, sebuah sub forum yang tidak laku, tidak diminati oleh kami yang terluka saat itu.

Kami akhirnya bisa berkumpul kembali, seorang TSer berinisiatif mengumpulkan sebanyak-banyaknya teman-teman TSer lain disebuah grup rahasia di Facebook. Group ini dibuat rahasia agar anggota yang masuk dapat diseleksi dengan baik.

Di group inilah kami sekarang berada, memulai membuat pertanyaan dan jawaban baru. Bentuknya yang berupa grup di FB sedikit menyulitkan untuk diadministrasi dalam hal poin, tapi kami tidak pula menyerah. Selalu saja ada teman-teman yang rela bekerja keras demi sebuah kebersamaan.

Alhamdulillah, anggota group kian hari kian bertambah, kami mulai mengajak dan mengijinkan teman-teman lain non eks Tanyasaja untuk bergabung, tapi kami juga tidak segan-segan memecat anggota yang kami anggap tidak mentaati peraturan group. Di sni kami mulai bertanya-jawab hingga saat ini.

HADIAH

Masih tetap ada hadiah, kami secara sukarela mengumpulkan pulsa disalah satu anggota yang kami tunjuk sebagai admin. Pulsa inilah yang kami kumpulkan untuk kami bagikan bagi pemenang bulanan. Ada banyak anggota yang manjadi donatur, bahkan salah satu anggota pernah menyumbangkan 3 buah HP sekaligus untuk diperebutkan dalam kuis-kuis.

Kami membuat kuis sesuka kami, bahkan kuis yang tidak masuk akal. Bayangkan ada kuis berpantun, kuis koplak dalam rangka hari ganteng sedunia dan lain-lain. Semua ada hadiahnya, kebanyakan berupa pulsa yang nilainya mencapai ratusan ribu. Ramadhan inipun ada banyak kuis yang kami buat sendiri, dari kami untuk kami. Kami tetap bertanya dan menjawab satu sama lain.

Beberapa senior mulai bergabung di group ini, sebut saja Steven Joel (TSer jo3l) atau Marwan (Tser one2) dan lain-lain. Walaupun kesibukan mereka terkadang menjadi penghalang untuk aktif, tapi setidaknya kami tahu mereka ada.

Walaupun tidak semua anggota yang kini mencapai 140 aktif, tapi kami tetap Alhamdulillah.

Kami masih bisa ber-tanyasaja. Anda para eks TSer dan berteman di FB dengan beberapa eks TSer lain, tentu akan mudah menemukan kami. Tanyasaja.com mungkin sudah mati, tapi TSer tidak akan mengalami nasib yang sama.

Terimakasih untuk teman-teman yang tetap ada. Guguk, mahadewa, Yluwa, Gunik2, Lina Jufri, Marga, loisa, Agil, Mamung, Rio, Kangkong, Trisno, Suci, Adi_Y, Holok, Heri, Aslam, Ulet, Ferdinand dan puluhan yang lain yang tidak bisa saya ketik satu persatu.

Alhamdulillah.


TAGS ngaBLOGburit Tanyasaja.com


-

Author

Follow Me