NgaBLOGburit, Ngabuburit Gaya Baru

26 Aug 2011

www-keyboard

Ada yang beda dengan puasa saya tahun ini. Tidak saja cuaca yang sedikit lebih panas dari tahun kemarin, tahun ini secara fasilitas puasa saya sedikit lebih modern dibanding sebelumnya. :-) . Ini karena beberapa hari sebelum puasa jalur internet broadband baru saja masuk ke kecamatan dimana saya tinggal. Suatu hal yang saya tunggu-tunggu sejak lama. Setiap hari di tempat kerja menikmati koneksi internet 2Mbps, tapi sekembali kerumah tidak ada akses internet kecuali lewat jalur GSM. Tanpa diminta langsung order untuk pemasangan. Alhamdulillah sebelum puasa sudah bisa akses internet dari rumah.

Suatu pagi saat browsing, tepatnya hari pertama ramadhan tanpa sengaja membaca iklan tentang diadakannya program ngaBLOGburit oleh blogdetik. Sebuah program lomba menulis blog yang diadakan mulai 1 hingga 26 Agustus 2011. Tulisan harus dibuat dalam waktu 3 jam, mulai jam 3 hingga jam 6 sore. Sebelum jam 6, link tulisan sudah harus disetor kepada admin. Hadiahnya? 500 ribu setiap hari!.

Wah, langsung berminat untuk ikut. Kalah menang nanti dulu yang penting ingin ikut merasakan bersaing dengan teman-teman lain di blogdetik. Padahal saat itu belum punya akun di blogdetik. Pagi itu juga langsung buat akun dan memasang banner ngaBLOGburit lalu memposting tulisan pertama, walaupun bukan buat ikut lomba.

Hari pertama lebih banyak saya habiskan untuk mempelajari blogdetik, mulai dari mencari tema hingga pengaturan-pengaturan lain. Sumpah, blogdetik yang berbasis wordpress sedikit menyulitkan dibanding blog saya yang lain di blogspot. Tapi hal ini saya nikmati dan jadikan bahan belajar saja, utak-atik sana sini hingga dapet rasa yang agak pas. Mudah-mudahan dihari depan blog saya yang baru ini juga mempunyai kategori yang jelas, tidak kabur seperti saat tulisan ini dibuat.

Tulisan-tulisan Untuk NgaBLOGburit

Dan mulailah saya ikut serta dalam tantangan yang diberikan admin ngaBLOGburit setiap sore. Temanya diumumkan setiap jam 3 sore oelh admin, walaupun sudah pasti berhubungan dengan ramadhan, lebaran dan nge-blog, tetap saja membuat penasaran untuk dinanti pengumumannya. Pengumuman pemenang sendiri dilakukan jam 7 malam hari itu juga. Benar-benar sebuah kerja keras buat para admin blogdetik.

Tulisan pertama tentang pacaran, saya membuat tulisan yang langsung saya hapus ketika diumumkan tidak menang. :-) . Ini karena tulisannya terlalu mengingatkan ke masa-masa lalu dan rasanya tidak ada manfaatnya untuk ditulis dan dibaca sekarang ini. Selanjutnya mulailah dibuat tulisan-tulisan lain untuk diikutsertakan ngaBLOGburit, walaupun tidak banyak, bahkan bisa dikatakan sangat sedikit. Tercatat hanya 7 tulisan yang saya buat termasuk tulisan ini.

Keinginan saya tentu saja bisa ikut ngaBLOGburit setiap hari, tapi apa mau dikata ada banyak hal yang menghalangi saya. Misalnya ketika harus menjadi tutor pelatihan selama enam hari yang baru selesai sekitar jam empat sore, sama sekali saya tidak sempat untuk menulis. Yang paling menyakitkan :-( adalah saat dihadapkan dengan kenyataan MATI LAMPU. (Demi Allah, sebelum saya sempat memberi tanda titik di paragraf ini, listrik telah padam, break sebentar dan lanjut).

Berharap Menang, Akhirnya Alhamdulillah yah

Tentu saja setiap tulisan yang diikut sertakan disertai harapan untuk menjadi pilihan admin sebagai pemenang. Harus diakui juga, terselip rasa kecewa yang halus ketika diumumkan ternyata belum menang. Tapi semangat tidak padam kecuali kesempatan yang dikalahkan.

Hari-hari terakhir Ramadhan ketika kesibukan mulai berkurang, kembali menulis untuk ngaBLOGburit. Tema Arti Memaafkan yang Sebenarnya sukses ditulis walaupun belum menang. Mungkin karena masih terselip niat-niat ketidak ikhlasan, disamping tulisan dari peserta lain juga sangat-sangat menakjubkan.

Tibalah hari bahagia itu. Ketika terlambat bangun tidur siang, waktu sudah jam 4 sore. Begitu terjaga dan membuka internet, melihat tema Nilai Sosial dalam Ibadah Puasa telahdisodorkan oleh admin 1 jam berselang. Tema yang berat, dan rasanya malas sekali untuk berfikir dan mengeluarkannya dalam bentuk tulisan. Saya putuskan untuk sholat ashar dulu. Selesai sholat saya niatkan yang penting menulis, mudah-mudahan ada manfaatnya. Dan akhirnya mengalirlah kalimat-kalimat membentuk paragraf hingga menjadi sebuah tulisan utuh. Saya melihat ini jauh dari sempurna ditambah rasa khawatir (yang jadi kenyataan) akan banyak yang protes tentang isinya jika saja dibaca banyak orang. Tapi akhirnya saya setorkan juga link tulisan tersebut kepada admin.

Tidak disangka tidak diduga. Sesaat sebelum berangkat Sholat tarawih saya menyempatkan membuka history page di browser. Ketika di halaman detik.com saya melihat judul tulisan saya ada di headline blogdetik. Apakah saya menang? Tanpa membuang waktu saya mengakses halaman blogdetik dan langsung ke pengumuman admin. Alhamdulillah, akhirnya menang. Ini adalah hadiah pertama dari hasil menulis di blog. Sekali lagi Alhamdulillah.

Tahun Depan NgaBLOGburit Lanjut

Melihat antusiasme teman-teman, rasanya benarlah bahwa program ngaBLOGburit ini mengena sasaran. Banyak yang tiba-tiba rajin menulis, sebuah proses latihan yang baik sebelum bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas. Walaupun motivasi awalnya mungkin adalah memenangkan lomba, tapi tanpa sadar setiap peserta akan dituntut berfikir cepat dalam membuat tulisan yang baik. Saya selalu menyempatkan untuk membaca semua tulisan yang masuk ke meja admin, dan subhanalloh, selain ternyata saya harus membaca tulisan dengan jumlah sampai ratusan judul, tulisan-tulisan teman-teman di blogdetik juga sarat kualitas.

Rasanya semua sepakat kalau Ramadhan tahun depan, program ini bisa berlanjut. Suasana Ramadahan yang disertai suasana kompetisi, benar-benar terasa berbeda. Setelah ini mungkin akan banyak bloger yang lebih rajin menulis. Semoga niat kita semua bukan hanya materi, tapi jauh kedepan insya Allah membuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak, tentu saja insya Allah mendapat berkah pahala dari Tuhan.

Selamat tinggal ngaBLOGburit, terimakasih telah membuat kami banyak berlatih. Tahun depan saya dan teman-teman lain menunggumu di alamat yang sama. :-)


TAGS ngaBLOGburit


-

Author

Follow Me