Ada-ada Saja Rasanya Cinta

22 Feb 2012

rasa-cinta

Cinta lagi cinta lagi, lagi lagi cinta. Sepertinya tidak akan habis kata untuk menuliskan kalimat yang berhubungan dengan cinta. Masih akan ada ribuan, mungkin jutaan cerita cinta yang akan ditulis. Lagu-lagu cinta pun sama, setiap hari akan tercipta dengan lirik dan syair yang baru. Walaupun makna kebanyakan dari cerita dan lagu tadi sangat sempit. Ya, hanya tentang cinta dua anak manusia saja. Padahal cinta, adalah rasa yang sangat universal.

Berbicara tentang rasa, sebenarnya bagaimanakah rasanya cinta? Berikut beberapa rasa cinta yang berhasil saya kumpulkan dan ingat-ingat untuk saat ini.

1. Cinta rasa indah

Untuk orang yang sedang jatuh cinta atau orang yang baru saja jadian, maka cinta akan terasa sangat indah. Aura cinta dalam dirinya bahkan bisa membuat sesuatu yang tidak indah dan menyiksa menjadi sangat indah. Jika ingat pepatah ‘tai kambing rasa coklat’ itulah efek dahsyat dari keindahan cinta. Indahnya saat hujan-hujanan naik motor bareng kekasih (coba kalau sendirian), indahnya saat membantu si dia pindah kost (coba kalau kita sendiri yang pindah kos) dan lain-lain. Fisik boleh lelah dan terluka, mungkin berdarah-darah. Tapi dengan cinta semua terasa indah.

2. Cinta rasa gila

Saat sedang jatuh cinta, hampir-hampir tidak jelas perbedaan antara keindahan cinta dan kegilaan orang yang mengalaminya. Mulai dari sekedar senyum-senyum sendiri, sampai nekat mencuri parfum karena di tegur ketiaknya bau oleh sang kekasih. Mulai dari memberikan setangkai bunga setiap hari sampai membangun istana Taj Mahal untuk sang kekasih. Ada juga yang rela meninggalkan anak istri karena tergila-gila dengan pujaan hati. Gila!

3. Cinta rasa tabok

Sebenarnya tidak semua rasa cinta itu indah sih. Contoh kecil saja misalnya, saat nekat menyatakan cinta kepada seorang cewek waktu si dia lagi jalan sama cowoknya atau sama bapaknya. Cinta yang seperti ini bisa jadi cinta rasa tabok.

4. Cinta rasa terjun

Yang ini agak tragis. Mungkin masih kita masih ingat nama Alviss Kong, seorang pemuda Malaysia yang nekat menerjunkan diri dari lantai 14 apartemennya karena tidak tahan diputuskan cintanya oleh sang pacar akhir tahun 2010 lalu. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak kasus percobaan terjun bebas ini, kan? Tidak semua cinta rasanya indah. Yang mirip-mirip dengan ini mungkin cinta rasa gantung, gantung diri.

5. Cinta rasa racun (serangga)

Kita semua ingat kisah cinta a la Romeo dan Juliet yang harus berakhir dengan rasa racun. Entah ramuan racun apa yang mereka minum untuk mengekspresikan dan membuktikan cinta. Saat ini kasus cinta rasa racun sudah sering kita dengar di mana-mana, pelakunya mulai dari orang dewasa hingga siswa sekolah. Cinta yang nekat, lagi beracun.

Dari lima contoh rasa cinta di atas, dapat kita lihat bahwa cinta bisa terasa sangat indah sampai terasa sangat tidak indah.

Cinta yang indah adalah cinta yang dapat memenuhi keinginan sang pelaku cinta. Cinta yang berbalas, yang direstui, yang bisa saling memberi dan memiliki adalah contoh cinta yang indah.

Sebaliknya, cinta tak terbalas, cinta segitiga, cinta terlarang, yang tak direstui, yan hanya berdasarkan materi atau yang selalu menyakiti bisa menjadi cinta yang sangat pahit untuk dirasakan. Bukan hanya kehancuran perasaan, siksaan fisik bahkan kematian bisa menjadi bagian dari cinta ini.

Tapi indah dan tidaknya cinta tidak selalu sama di mata manusia. Sebuah kisah cinta bisa saja sangat tidak indah dan tragis bagi yang megalami, tapi ketika kisahnya diceritakan justru akan menjadi cerita yang sangat indah di masa lain. Romeo dan Juliet contohnya.

Dan keindahan cinta kadang tidak harus dicari, melainkan dijaga dan diciptakan. apa yang hari ini indah besok lusa mungkin akan terasa hambar dan biasa, dan bisa jadi sangat tidak indah jika kita tidak tau cara menjaga cinta dan keindahannya.

Mari menjaga cinta agar rasanya tetap indah…


TAGS Blogger Bicara Cinta


-

Author

Follow Me