Musuhnya Orang Mudik

14 Aug 2012

b355d9cfbbaa05f824ec8582bdb49022_mudik-motor

Tulisan ini terinspirasi dari sebuah rubrik tokoh animasi (Bang One) yang diselipkan di sebuah program berita salah satu TV swasta, dengan judul yang sama; Musuhnya Orang Mudik.

Lebaran sebentar lagi. Dan salah satu tradisi yang membudaya di indonesia adalah kembalinya para perantau ke kampung halaman, mudik. Mudik menciptakan aliran manusia yang berlangsung secara masif, besar-besaran dalam waktu yang yaris bersamaan. Akibatnya jalan-jalan akan menjadi padat, korban kecelakaan meningkat, rumah-rumah banyak yang kosong, dan sebagainya dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi ‘musuh’ bagi para pemudik. Hal-hal ini, jika terjadi, dapat menyebabkan kerugian harta benda bahkan yang lebih fatal, kehilangan nyawa. Untuk mudahnya kita bagi menjadi dua.

A. Musuh dari dalam diri sendiri

Sadarilah, kecelakaan atau kerugian apapun yang anda alami selama mudik bisa jadi akbiat dari perilaku dan kelalaian diri anda sendiri. Berikut ini contohnya

  1. Berkendara dengan cara tidak aman misalnya melampaui batas kecepatan, terburu-buru dan kurang perhitungan menyalip kendaraan didepan, mengambil jalur kendaraan lain adalah hal-hal yang bisa membuat anda dan orang lain celaka di jalan raya selama mudik.
  2. Tidak menggunakan pengaman saat berkendara, helm yang memadai jika anda menggunakan sepeda motor, mutlak diperlukan. Selain itu gunakan jaket, sarung tangan dan masker agar kesehatan anda tetap baik sesampai di tujuan. Bila perlu lengkapi diri anda dengan body protector untuk menghindari akibat yang terlalu parah jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Bagi pengguna mobil jangan lupa memasang sabuk pengaman.
  3. Kurang perduli dengan kondisi kendaraan. Pastikan semua bagian-bagian penting kendaraan anda dalam kondisi laik jalan. Ketebalan dan tekanan ban, lampu-lampu, kondisi rem, pelumas, air radiator dan lain-lain harus dipastikan baik. Lampu-lampu kendaraan anda adalah alat komunikasi anda dengan pengendara lain, karena itu jika kondisinya tidak baik bisa jadi pengendara lain tidak tau jika anda sedang mengerem, ingin berbelok atau menepi. Akibatnya serempetan atu tabrakan bisa terjadi.
  4. Kurang perduli dengan kondisi badan. Ini fatal akibatnya jika anda nekat mengendarai sendiri kendaraan mudik anda. Pastikan anda tidur cukup sebelum berangkat, cukup sarapan dan pastikan anda tidak sedang dalam masa mengkonsumsi obat-obatan.
  5. Kelebihan muatan. Selain mengakibatkan hilangnya kenyamanan berkendara, kelebihan muatan baik orang maupun barang dapat mengakibatkan keseimbangan kendaraan anda terganggu. Sebaiknya angkut barang atau orang sesuai kapasitas kendaraan anda. Jika terpaksa membawa barang lebih banyak, fikirkan cara lain untuk membawanya hingga kampung halaman.
  6. Bahaya kebakaran. Saat mudik pastikan tidak ada benda yang dapat memicu kebakaran di rumah anda. Cabut semua colokan listrik dari benda-benda elektronik anda. Komputer, TV, kulkas, mesin cuci dll, pastikan tidak dalam kadaan terhubung ke steker. Matikan semua lampu atau nyalakan secukupnya. Pastikan tabung gas LPG anda tidak bocor atau kosongkan sebelum mudik.

B. Musuh dari Diri Orang Lain

Kejahatan bisa mengintai anda kapan saja, baik yang ringan hingga yang berakibat fatal, berikut beberapa contohnya

  1. Penebar paku. Orang-orang ini sengaja menyebar paku di titik-titik yang dilalui kendaraan anda. Tujuannya jelas adalah mengambil keuntungan dari kempesnya roda kendaraan anda. Yang satu ini sangat sulit dihindari. Aparat pun tak henti melakukan pembersihan. Jika tidak terlalu merepotkan, bagi anda pengendara sepeda motor sebaiknya menyiapkan ban dalam. Agar tidak mendapat ban berkualitas rendah tapi dengan harga yang sama. Demikian menurut Detik Ramadhan.
  2. Penghipnotis. Rasanya setiap tahun ada saja korbannya yang menjadi berita di TV. Hati-hatilah jika ada orang yang menawarkan makanan/minuman kepada anda. Termasuk jika orang tersebut teman sebangku dalam satu bis yang tidak anda kenal. Bisa jadi anda akan segera kehilangan kesadaran, dan setelah kesadaran anda pulih, anda telah kehilangan banyak barang berharga.
  3. Copet dan jambret. Mereka ada dimana-mana, terutama di titik-titik padat manusia seperti terminal, stasiun, pelabuhan dan sebagainya. Pastikan perhiasan dan barang berharga anda terjaga dengan baik. Hindarkan untuk memakai perhiasan yang mencolok. Ingat kata Bang Napi, kejahatan bukan hanya terjadi karena niat pelakunya, tapi karena ada kesempatan. Waspadalah!
  4. Pencuri. Saat anda mudik, rumah kosong anda bisa saja menjadi target pencurian. Simpan barang dan surat berharga di tempat yang tidak mudah ditemukan dan dibuka di rumah anda. Pastikan semua pintu terkunci dengan baik, bila perlu minta tetangga terdekat yang tidak mudik untuk sesekali mengawasi dan memeriksa rumah anda.

Percaya atau tidak, tulisan ini dibuat oleh orang yang tidak pernah mudik lebaran. Jadi pasti ada hal-hal yang harus ditambahkan pembaca dalam kolom komentar.

Selamat mudik dan tetap waspada!

:-)


TAGS


-

Author

Follow Me