Puasa Berkah, Puasa Sehat

10 Jul 2013

a2f9c32c6b6411d89c00216c1ff28522_puasa-1

Tidak terasa Ramadhan datang seperti tiba-tiba di tengah kesibukan mengisi hari-hari. Setahun ternyata cepat sekali berlalunya. Tapi inilah kita memang, yang kadang tidak menyadari waktu terus berjalan dan menghabiskan usia.

Ramadhan, bulan mulia, bulan istimewa, semua tau. Maka kedatangannya harus disambut juga dengan persiapan yang baik dan mencukupi. Karena aktivitas dan pola hidup selama ramadhan sangat berbeda dengan bulan-bulan biasa, persiapan yang kurang bisa berakibat ramadhan kita tidak maksimal bahkan gagal sama sekali.

Apa saja yang berubah?

Pertama tentu pola makan. Yang biasanya makan semuanya dan semaunya kapan saja, sekarang hanya boleh makan setelah matahari terbenam. Pola tidur juga berubah. Demikian juga aktivitas malam yang biasanya mau ngapain aja, sekarang harus tarawih dulu. Ini akan berpengaruh langsung dengan kondisi badan dan tentu aktivitas atau mungkin juga jadwal pekerjaan-pekerjaan sehari-hari.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum ramadhan. Supaya badan tetap sehat, ibadah lancar dan pekerjaan sehari-hari juga selesai dengan baik.

1. Persiapan Fisik

Perubahan pola makan dan pola tidur yang drastis, bisa membuat tubuh kaget dan akhirnya menjadi sakit. Sebelum puasa, pastikan badan harus benar-benar sehat. Konsumsi makanan sehat, perbanyak sayur dan buah, air putih juh sebelum ramadhan akan membantu badan menjadi lebih fleksibel dan tahan banting saat puasa. Lebih bagus jika sebelum ramadhan kita berlatih mengosongkan perut misalnya dengan puasa senin kamis. Bangun lebih awal juga akan membuat tubuh tidak terlalu kaget menghadapi perubahan pola tidur di awal-awal ramadhan.

2. Persiapan Mental

Menyadari bahwa ramadhan bukanlah bulan siksaan tetapi bulan penuh berkah dan ampunan akan membuat kita merasa ringan-ringan saja menahan lapar dan haus selama puasa. Ingat, sekedar gembira saja dengan kedatangan bulan ini, iming-iimingnya adalah surga. Apalagi bukan sekedar gembira, tapi bisa menjalankan semua ritual ibadah dengan baik dan benar, dengan kualitas dan kuantitas yang lebih dibanding bulan-bulan yang lain. Mari luruskan niat dan semoga kita tidak berkeluh kesah menghadapi ramadhan ini. Godaan pasti ada seperti biasa, tapi dengan niat yang kuat, tentu akan lebih mudah menghadapinya. Amin.

3. Persiapan Pengetahuan

Yang tidak kalah penting dalam menyambut ramadhan adalah persiapan pengetahuan yang baik dan cukup. Pertama adalah pengetahuan tentang ramadhan itu sendiri dan hal-hal disekitarnya. Mulai dari bagaimana niat puasa, misalnya, aktivitas apa saja yang bisa membatalkan puasa atau menghilangkan pahalanya, doa-doa yang dianjurkan dan sebagainya. Sempatkan untuk sedikit membaca atau mendengar kajian-kajian puasa. Bisa melalui buku, televisi atau internet tentu saja, misalnya di Muslim.or.id. Jangan sampai bersusah payah puasa hanya sekedar haus dan lapar yang kita terima karena kita tidak menyadari hal-hal yang kita lakukan menghapus pahala puasa.

Pengetahuan yang juga sangat penting adalah tentang kesehatan selama puasa. Perubahan pola makan dengan menahan lapar dalam waktu yang cukup lama bisa menjadi dorongan untuk mengkonsumsi makanan apapun yang tersedia saat berbuka puasa secara berlebihan.

Padahal setelah tiba waktu berbuka puasa, bukan berarti kita boleh mengkonsumsi makanan dengan tanpa aturan. Masih ingat dengan mitos “berbukalah dengan yang manis” yang ternyata tidak dianjurkan secara kesehatan? Pengetahuan yang cukup tentang gizi dan makanan sehat selama puasa akan sangat membantu kondisi badan kita tetap sehat selama puasa. Artikel-artikel yang membahas ini banyak di internet. Misalnya di sini .

4. Pengaturan Waktu

Ini juga penting walaupun sering diabaikan. Ada baiknya kita punya jadwal yang baik walaupun tidak harus tertulis, dalam hal pengaturan waktu saat bulan puasa. Bangun sahur terlalu cepat bisa jadi akan mengurangi waktu tidur karena biasanya kita harus bangun paling tidak sampai azan subuh. Pasang saja alarm rutin jam untuk waktu sahur. Kemudian sesuaikan juga pekerjaan-pekerjaan lain dengan aktivitas tarawih, tidur siang dan lain-lain sehingga semua pekerjaan dapat selesai dengan baik dan aktivitas ramadhan juga berjalan lancar.

Selamat berpuasa, semoga damai indonesia.


TAGS ngaBLOGburit


-

Author

Follow Me