Ngabuburit, Yang Penting Keren

12 Jul 2013

Menahan lapar dan haus saat puasa memang bukan hal yang mudah. Sedangkan menahan lapar beberapa jam saja rasanya sudah sangat menyiksa, apalagi jika belasan jam seperti saat ini. Terlebih saat sore menjelang, rasa lapar dan haus yang tertahan sejak pagi dan godaan-godaan makanan lezat yang terlihat sepanjang hari semakin menjadikan waktu berbuka terasa begitu lama.

Nah, dari itulah biasanya orang memilih melakukan sesuatu yang membuat menunggu tidak terasa terlalu lama. Ngabuburitlah, istilahnya. Bayangkan saja jika menunggu berbuka tanpa melakukan apapun, bolak-balik melihat jam yang kelihatannya tidak bergerak banyak, sungguh akan sangat membosankan. Sudah lapar dan haus, ditambah bosan pula.

Tapi, kadang ngabuburit itu diidentikan dengan kegiatan jalan sore dan cuci mata. Padahal ada banyak cara lain yang jauh lebih keren dan bermanfaat dibanding itu sekedar jalan-jalan sore dan cuci mata. Salah-salah jalan dan salah-salah lihat bisa-bisa hilang pahala puasa, kan?

Tips dasarnya, carilah kegiatan yang tidak banyak menghabiskan tenaga, tidak banyak menghasilkan keringat, menghabiskan uang dan tentu tidak menghabiskan pahala puasa. Syukur-syukur kegiatan yang dilakukan bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain. Misalnya yang berikut ini:

1. Membersihkan Komputer

Buat teman-teman yang masih menggunakan PC desktop, biasanya yang suka main game-game berat, sekarang adalah salah satu saat yang tepat untuk membersihkan PC. Buka casing, buang debu- debu di dalamnya. Hati bersih, PC bersih, main game lancar.

2. Membaca

Membaca adalah jendela dunia. Jadi bacalah apa saja yang bermanfaat. Buku, komik, majalah, apapun asal yang tidak mengandung konten yang justru membuat kita semakin lapar atau malah semakin nafsu. :-)

3. Mengaji

Yang punya target buat khatam alquran di ramadhan ini, jangan sia-siakan waktu buat membacanya ketika luang. Tidak ada salahnya mengaji dulu sebelum ngaBLOGburit, kan?

4. Main Game

Ini salah satu cara favorit saya dulu. Main game buat yang hobby, sungguh efektif membuat kita lupa kalau kita sedang menunggu buka puasa. Apalagi game yang dimainkan selalu membuat penasaran seperti game tembak-tembakan dengan misi tertentu, sepak bola dan sebagainya.

5. Masak

Berbuka kan butuh makanan? Tidak semua-semua harus dibeli di pasar bedug. Buat para sister atau brother yang hobby masak, ini saatnya bantuin ibu atau mencoba resep-resep baru kalian. Tapi hati-hati saat mencicipi masakan, ya? Jangn sampai masih lapar tapi sudah batal karena cara mencicipi yang kelewatan. Baca trik dan caranya disini.

6. NgaBLOGburit

Yang paling keren dari beberapa kegiatan di atas adalah ini. NgaBLOGburit. Lomba menulis di blogdetik. Yang belum punya blog, segera daftar di blogdetik.com. Tapi yang sudah terlanjur punya blog di tempat lain, disabarin aja setiap jumat kalian boleh ikutan. Lomba ini diegelar setiap hari senin sampai jumat selama ramadhan. Setiap hari akan dipilih satu pemenang. Hadiahnya lima ratus ribu rupiah!

Kurang keren bagaimana lagi? Menunggu waktu berbuka sambil menulis, terlebih jika yang ditulis bisa bermanfaat buat orang lain. Apalagi kalau bisa menang lima ratus ribu.

Ngabuburit, yuk?


TAGS ngaBLOGburit


-

Author

Follow Me